(Ul. 20:1-4)

Berangkat dari kitab kejadian 3:15, Allah telah menubuatkan bahwa selama bumi ini masih berputar akan terjadi permusuhan diantara anak-anak manusia. Antara manusia keturunan si jahat (kain; 1Yoh 3:12) dengan manusia yang benar keturunan Habel(Ibr 4:11). Bahkan di dalam diri manusia pun juga terdapat peperangan di dalam batinnya mengenai sesuatu yang baik dan sesuatu yang jahat, memutuskan hidup benar atau hidup sembarangan. Dengan demikian seumur hidup manusia yang dinamakan peperangan hidup tidak akan pernah usai. Selama kita tinggal di dunia, jangan pernah kita berharap mendapatkan kedamaian yang sejati dari dalam dunia ini. Demikian juga dengan kita sebagai umat pilihan Allah. Jangan pernah kita berpikir kalau kita sebagai umat yang telah dipilih Allah untuk selamat lantas akan terbebas dari segala peperangan hidup. Apakah karena kita sudah dibaptis maka kita akan terbebas dari permasalahan? Apakah kalau kita sudah rajin pergi ke gereja lantas kita akan terbebas dari segala peperangan rohani yang harus kita hadapi? Tidak! Dibaptis bukan berarti tidak ada masalah dalam hidup kita. menjadi anak Tuhan yang rajin ke gereja bukan berarti terlepas dari segala macam permasalahan.

Wahyu 3:7-13

Tahun 2012 sekarang ini merupakan tahun ke 6 bagi gereja kita hadir di kota Magelang ini. Jika dihitung-hitung, sudah lima kali pula kita berpindah tempat ibadah dari satu tempat ke tempat yang lain. Di dalam perjalanan pelayanan di kota ini, saya sebagai koordinator sekaligus perintis ladang pelayanan di kota ini, ada banyak pergumulan dan pertanyaan mengenai bagaimana dengan masa depan pelayanan GPIAI Efata di kota ini. Bagaimana masa depan pertumbuhan jemaat? Bagaimana dengan tempat ibadah yang permanen? Bagaimana supaya kehadiran gereja kita di kota Magelang ini tetap eksis di masa-masa yang akan datang? Akan tetap adakah pelayanan yang saya rintis ini di 10 tahun yang akan datang?20 tahun yang akan datang? 50 tahun yang akan datang? Bahkan sampai kepada siapakah pelayan Tuhan yang benar-benar memiliki hati untuk melayani Tuhan di kota ini.

(Lukas 18:1-8)

Di jaman sekarang saat ini kosa kata investasi bukan lagi menjadi kosa kata yang asing bagi kita. Kita sering mendengar kata tersebut di ucapkan dan juga sering pula membaca kata tersebut di berbagai media. Lalu apakah pengertian kata investasi ini sesungguhnya? Investasi adalah suatu pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Di dalam teori ekonomi, investasi adalah pembelian barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang. Beberapa contoh macam investasi antara lain, investasi tanah, investasi pendidikan, investasi emas, inventasi saham dll.

Tahun 2011 telah selesai dan tidak terasa saat ini kita telah memasuki minggu ke 2 di tahun 2012. Di sepangjang tahun 2011 yang lalu,jika kita boleh mengingat, adakah hasil yang telah kita hasilkan? Menjadi orang semacam apakah kita di tahun yang lalu?

Bagaimanakah sikap kita terhadap berbagai persoalan hidup yang kita hadapi saat itu? Sudahkah kita benar-benar berhasil tampil menjadi seorang pemenang di setiap peperangan hidup yang sudah kita lewati? Saudara-saudara pasti pernah mendengar bahkan ikut menyanyikan lagu “kita lebih dari pemenang” dan juga lagu “kitalah umat pemenang”. Tetapi sesungguhnya bagaimana dengan diri kita sendiri? Sudahkan saudara menjadi umat pemenang?bahkan menjadi umat yang lebih dari pemenang?
Untuk dapat tampil eksis di dalam kehidupan ini sebagai seorang pemenang, kita perlu mengetahui hal-hal apa sajakah atau langkah-langkah saja apa yang harus kita ambil untuk dapat tampil menjadi seorang pemenang.